Tuesday, 25 November 2014 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Home » Artikel » Proses Tata Cara Pernikahan Islami

Proses Tata Cara Pernikahan Islami

5 April , 2013 , Category : Artikel

Pernikahan Islami>Pada risalah yang singkat ini, kami akan mengungkap tata cara pernikahan islami sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang hanya dengan cara inilah kita terhindar dari jalan yang sesat (bidah). Sehingga orang-orang yang mengamalkannya akan berjalan di atas landasan yang jelas tentang ajaran agamanya karena meyakini kebenaran yang dilakukannya. Dalam masalah pernikahan sesunggguhnya Islam telah mengatur sedemikian rupa. Dari mulai bagaimana mencari calon pendamping hidup sampai mewujudkan sebuah pesta pernikahan. Walaupun sederhana tetapi penuh barakah dan tetap terlihat mempesona. Islam juga menuntun bagaimana memperlakukan calon pendamping hidup setelah resmi menjadi sang penyejuk hati.

Berikut ini kami akan membahas tata cara pernikahan islami secara singkat.Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah

  1. Minta Pertimbangan
    Bagi seorang lelaki sebelum ia memutuskan untuk mempersunting seorang wanita untuk menjadi isterinya, hendaklah ia juga minta pertimbangan dari kerabat dekat wanita tersebut yang baik agamanya. Mereka hendaknya orang yang tahu benar tentang hal ihwal wanita yang akan dilamar oleh lelaki tersebut, agar ia dapat memberikan pertimbangan dengan jujur dan adil. Begitu pula bagi wanita yang akan dilamar oleh seorang lelaki, sebaiknya ia minta pertimbangan dari kerabat dekatnya yang baik agamanya.
  2. Shalat Istikharah
    Setelah mendapatkan pertimbangan tentang bagaimana calon isterinya, hendaknya ia melakukan shalat istikharah sampai hatinya diberi kemantapan oleh Allah Taala dalam mengambil keputusan.
    Shalat istikharah adalah shalat untuk meminta kepada Allah Taala agar diberi petunjuk dalam memilih mana yang terbaik untuknya. Shalat istikharah ini tidak hanya dilakukan untuk keperluan mencari jodoh saja, akan tetapi dalam segala urusan jika seseorang mengalami rasa bimbang untuk mengambil suatu keputusan tentang urusan yang penting. Hal ini untuk menjauhkan diri dari kemungkinan terjatuh kepada penderitaan hidup. Insya Allah ia akan mendapatkan kemudahan dalam menetapkan suatu pilihan.
  3. Khithbah (peminangan)
    Setelah seseorang mendapat kemantapan dalam menentukan wanita pilihannya, maka hendaklah segera meminangnya. Laki-laki tersebut harus menghadap orang tua/wali dari wanita pilihannya itu untuk menyampaikan kehendak hatinya, yaitu meminta agar ia direstui untuk menikahi anaknya. Adapun wanita yang boleh dipinang adalah bilamana memenuhi dua syarat sebagai berikut, yaitu:

    • Pada waktu dipinang tidak ada halangan-halangan syari yang menyebabkan laki-laki dilarang memperisterinya saat itu. Seperti karena suatu hal sehingga wanita tersebut haram dini kahi selamanya (masih mahram) atau sementara (masa iddah/ditinggal suami atau ipar dan lain-lain).
    • Belum dipinang orang lain secara sah, sebab Islam mengharamkan seseorang meminang pinangan saudaranya.

Dari Uqbah bin Amir radiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa
sallam bersabda: “Orang mukmin adalah saudara orang mukmin yang lain. Maka
tidak halal bagi seorang mukmin menjual barang yang sudah dibeli saudaranya,
dan tidak halal pula meminang wanita yang sudah dipinang saudaranya, sehingga saudaranya itu meninggalkannya.” (HR. Jamaah)
Apabila seorang wanita memiliki dua syarat di atas maka haram bagi seorang laki-laki untuk meminangnya.

  1. Melihat Wanita yang Dipinang
    Islam adalah agama yang hanif yang mensyariatkan pelamar untuk melihat wanita yang dilamar dan mensyariatkan wanita yang dilamar untuk melihat laki-laki yang meminangnya, agar masing- masing pihak benar-benar mendapatkan kejelasan tatkala menjatuhkan pilihan pasangan hidupnyaDari Jabir radliyallahu anhu, bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:
    “Apabila salah seorang di antara kalian meminang seorang wanita, maka apabila ia mampu hendaknya ia melihat kepada apa yang mendorongnya untuk menikahinya.”
    Jabir berkata: “Maka aku meminang seorang budak wanita dan aku bersembunyi untuk bisa melihat apa yang mendorong aku untuk menikahinya. Lalu aku menikahinya.” (HR. Abu Daud dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih Sunan Abu Dawud, 1832). Adapun ketentuan hukum yang diletakkan Islam dalam masalah melihat pinangan ini di antaranya adalah:

    • Dilarang berkhalwat dengan laki-laki peminang tanpa disertai mahram.
    • Wanita yang dipinang tidak boleh berjabat tangan dengan laki- laki yang meminangnya.
  2. Aqad Nikah pernikahan islami
    Dalam aqad nikah ada beberapa syarat dan kewajiban yang harus dipenuhi:

    • Adanya suka sama suka dari kedua calon mempelai.
    • Adanya ijab qabul.
      Ijab artinya mengemukakan atau menyatakan suatu perkataan. Qabul artinya menerima. Jadi Ijab qabul itu artinya seseorang menyatakan sesuatu kepada lawan bicaranya, kemudian lawan bicaranya menyatakan menerima. Dalam perkawinan yang dimaksud dengan “ijab qabul” adalah seorang wali atau wakil dari mempelai perempuan mengemukakan kepada calon suami anak perempuannya/ perempuan yang di bawah perwaliannya, untuk menikahkannya dengan lelaki yang mengambil perempuan tersebut sebagai isterinya. Lalu lelaki bersangkutan menyatakan menerima pernikahannya itu. Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa:
      Sahl bin Said berkata: “Seorang perempuan datang kepada Nabi shallallahu alaihiwa sallam untuk menyerahkan dirinya, dia berkata: “Saya serahkan diriku kepadamu.” Lalu ia berdiri lama sekali (untuk menanti). Kemudian seorang laki-laki berdiri dan berkata: “Wahai Rasulullah kawinkanlah saya dengannya jika engkau tidak berhajat padanya.” Lalu Rasulullah shallallahu alaih wa sallam bersabda: “Aku kawinkan engkau kepadanya dengan mahar yang ada padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
      Hadist Sahl di atas menerangkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah mengijabkan seorang perempuan kepada Sahl dengan mahar atau maskawinnya ayat Al-Quran dan Sahl menerimanya.
    • Adanya Mahar (mas kawin) dalam pernikahan islami
      Islam memuliakan wanita dengan mewajibkan laki-laki yang hendak menikahinya
      menyerahkan mahar (mas kawin). Islam tidak menetapkan batasan nilai tertentu
      dalam mas kawin ini, tetapi atas kesepakatan kedua belah pihak dan menurut kadar kemampuan. Islam juga lebih menyukai mas kawin yang mudah dan sederhana serta tidak berlebih-lebihan dalam memintanya.
      Dari Uqbah bin Amir, bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:
      “Sebaik-baik mahar adalah yang paling ringan.” (HR. Al-Hakim dan Ibnu Majah, shahih, lihat Shahih Al-Jamius Shaghir 3279 oleh Al-Albani)
    • Adanya Wali
      Dari Abu Musa radliyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah sah suatu pernikahan tanpa wali.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud no.
      1836).Wali yang mendapat prioritas pertama di antara sekalian wali-wali yang ada adalah ayah dari pengantin wanita. Kalau tidak ada barulah kakeknya (ayahnya ayah), kemudian saudara lelaki seayah seibu atau seayah, kemudian anak saudara lelaki. Sesudah itu barulah kerabat-kerabat terdekat yang lainnya atau hakim.
    • Adanya Saksi-Saksi
      Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
      “Tidak sah suatu pernikahan tanpa seorang wali dan dua orang saksi yang adil.” (HR. Al-Baihaqi dari Imran dan dari Aisyah, shahih, lihat Shahih Al-Jamius Shaghir oleh Syaikh Al-Albani no. 7557).
      Menurut sunnah Rasul shallallahu alaihi wa sallam, sebelum aqad nikah diadakan khuthbah lebih dahulu yang dinamakan khuthbatun nikah atau khuthbatul-hajat.
  3. Walimah dalam pernikahan islami
    Walimatul Urus hukumnya wajib. Dasarnya adalah sabda Rasulullah shallallahu alaih wa sallam kepada Abdurrahman bin Auf:
    “….Adakanlah walimah sekalipun hanya dengan seekor kambing.” (HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Al-Alabni dalam Shahih Sunan Abu Dawud no. 1854)
    Memenuhi undangan walimah hukumnya juga wajib.”Jika kalian diundang walimah,
    sambutlah undangan itu (baik undangan perkawinan atau yang lainnya). Barangsiapa yang tidak menyambut undangan itu berarti ia telah bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Bukhari 9/198, Muslim 4/152, dan Ahmad no.
    6337 dan Al-Baihaqi 7/262 dari Ibnu Umar).
    Akan tetapi tidak wajib menghadiri undangan yang didalamnya terdapat maksiat
    kepada Allah Taala dan Rasul-Nya, kecuali dengan maksud akan merubah atau menggagalkannya. Jika telah terlanjur hadir, tetapi tidak mampu untuk merubah atau menggagalkannya maka wajib meninggalkan tempat itu.
    Dari Ali berkata: “Saya membuat makanan maka aku mengundang Nabi shallallahu
    ‘alaihi wa sallam dan beliaupun datang. Beliau masuk dan melihat tirai yang bergambar maka beliau keluar dan bersabda:
    “Sesungguhnya malaikat tidak masuk suatu rumah yang di dalamnya ada gambar.”
    (HR. An-Nasai dan Ibnu Majah, shahih, lihat Al-Jamius Shahih mimma Laisa fis
    Shahihain 4/318 oleh Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadii).
    Adapun Sunnah yang harus diperhatikan ketika mengadakan walimah adalah sebagai berikut:

    • Dilakukan selama 3 (tiga) hari setelah hari dukhul (masuk- nya) seperti yang dibawakan oleh Anas radliallahu ‘anhu, katanya:
      Dari Anas radliallahu ‘anhu, beliau berkata: “Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam telah menikahi Shafiyah dengan maskawin pembebasannya (sebagai tawanan perang Khaibar) dan mengadakan walimah selama tiga hari.” (HR. Abu Yala, sanadhasan, seperti yang terdapat pada Al-Fath 9/199 dan terdapat di dalam Shahih Bukhari 7/387 dengan makna seperti itu. Lihat Adabuz Zifaf fis Sunnah Al-Muthaharah oleh Al-Albani hal. 65)
    • Hendaklah mengundang orang-orang shalih, baik miskin atau kaya sesuai denganwasiat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:
      “Jangan bersahabat kecuali dengan seorang mukmin dan jangan makan makananmu kecuali seorang yang bertaqwa.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Al-Hakim dari Abi Said Al-Khudri, hasan, lihat Shahih Al-Jamius Shaghir 7341 dan Misykah Al-Mashabih 5018).
    • Sedapat mungkin memotong seekor kambing atau lebih, sesuai dengan taraf ekonominya. Keterangan ini terdapat dalam hadits Al-Bukhari, An-Nasai, Al-Baihaqi dan lain-lain dari Anas radliallahu ‘anhu. Bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada Abdurrahman bin Auf:
      “Adakanlah walimah meski hanya dengan seekor kambing.” (HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud no. 1854) Akan tetapi dari beberapa hadits yang shahih menunjukkan dibolehkan pula mengadakan walimah tanpa daging. Dibolehkan pula memeriahkan perkawinan dengan nyanyi-nyanyian dan menabuh rebana (bukan musik) dengan syarat lagu yang dinyanyikan tidak bertentangan dengan ahklaq seperti yang diriwayatkan dalam hadits berikut ini:
      Dari Aisyah bahwasanya ia mengarak seorang wanita menemui seorang pria Anshar. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wahai Aisyah, mengapa kalian tidak menyuguhkan hiburan? Karena kaum Anshar senang pada hiburan.” (HR. Bukhari 9/184-185 dan Al-Hakim 2/184, dan Al-Baihaqi 7/288). Tuntunan Islam bagi para tamu undangan yang datang ke pesta perkawinan hendaknya mendoakan kedua mempelai dan keluarganya.Dari Abi Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaih wa sallam jika mengucapkan selamat kepada seorang mempelai, beliau mengucapkan doa: “Mudah-mudahan Allah memberimu berkah. Mudah-mudahahan Allah mencurahkan keberkahan kepadamu dan mudah – mudahan Dia mempersatukan kalian berdua dalam kebajikan.” (HR. Said bin Manshur di dalam Sunannya 522, begitu pula Abu Dawud 1/332 dan At-Tirmidzi 2/171 dan yang lainnya, lihat Adabuz Zifaf hal. 89)

Adapun ucapan pernikahan islami seperti “Semoga mempelai dapat murah rezeki dan banyak anak” sebagai ucapan selamat kepada kedua mempelai adalah ucapan yang dilarang oleh Islam, karena hal itu adalah ucapan yang sering dikatakan oleh Kaum jahiliyyah.
Dari Hasan bahwa Aqil bin Abi Thalib menikah dengan seorang wanita dari Jisyam.Para tamu mengucapkan selamat dengan ucapan jahiliyyah: “Bir rafa wal banin.” Aqil bin Abi Thalib mencegahnya, katanya: “Jangan kalian mengatakan demikian karena Rasulullah melarangnya.” Para tamu bertanya: ” Lalu apa yang harus kami ucapkan ya Aba Zaid?” Aqil menjelaskan, ucapkanlah: “Mudah- mudahan Allah memberi kalian berkah dan melimpahkan atas kalian keberkahan.” Seperti itulah kami diperintahkan. (HR. Ibnu Abi Syaibah 7/52/2, An-Nasai 2/91, Ibnu Majah 1/589 dan yang lainnya, lihat Adabuz Zifaf hal. 90)

Demikianlah tata cara pernikahan islami Semoga Allah Taala memberikan kelapangan bagi orang- orang yang ikhlas untuk mengikuti petunjuk yang benar dalam memulai hidup berumah tangga dengan mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu alaih wa sallam.

Bros Tembaga Gantungan kunci topeng kayu Gantungan Kunci Pistol kayu Gantungan kunci tas batik gendut JEPIT KUKU KUKU SEPATU Tas Organdi Mini Hantaran Etnik Warna Tempat Lilin Daun
* klik gambar produk
promo Rental Mobil Jogja

Data Costumer Terbaru

Erna Jl. Prabu Siliwangi No 26 RT 22/05 Kel Tanjung Sari Jambi Timur
Mayor Inf. Frans K.P Kodam Jaya Jakarta Jl. Mayjend Soetoyo no 5 Cililitan Jakarta Timur
Bonita Komp. Bumi Pustaka Cinere Blok B 39 Jl. Bukit Cinere Raya Jakarta
Adi Rimbawa Mangkuyudan MJ III/300 Yogyakarta  
Laura Carolina Pondok Bahar Permai Jl. Rajawali II D5/24 Cilandak Tangerang  
Samuel Kusuma Taman Marunya Ilir Blok J8 No 24 Jakarta Barat
Akprind Jogja Jl. Kalisahak No. 28, Komp. Balapan Tromol Pos 45, Yogyakarta
Sari Fuji Lestari Jl. Wisma Bunda No 8A Kelurahan Kalumbuak kecamatan Kuranji Padang Sumatra Barat
Tri Mulyani Jl. Raya Parung Panjang No 81 Legok Tangerang
Sakura Shop (Sari Safaati D) Malangan II /160 RT 04/05 Kel. Tidar utara kec. Magelang Selatan Kota Magelang
Ratih Susanty JL. Tanah KUSIR Jakarta Selatan
Vridya Eratiastiwi Edi Toserba Jl. Raya Merah No 88 Simpang Tiga Kec. Purwakarta Kota Cilegon Banten
Henny UD Formula 68 Variasi Mobil Jl. Letjen Suprapto RT 04 No 5 Kampung Baru Depan Koramil lama Balikpapan Barat
Maria Cristy Aden Jl. Muwardi I no 24 Grogol Jakarta Barat
Indri hapsari Jl. Antariksa No 54 RT 009/02 Cipedak Jagakarsa Jakarta Selatan
Vemila Widja Paristina Jl Sekar Sari No 33 Denpasar Timur
Rina Puskesmas I Purwokerto Timur Jl. Adipati Mersi No 51 Purwokerto Timur
Faisal Komplek Gudang peluru Blok B-71 Jakarta Selatan
Esthi Wuryan utami Jl. Pinang Mas V Blok UW 16 Pondok Indah Jakarta Selatan
Sugiono Jl. Kihajar Dewantoro Gg. Tego No 100 RT 02/04 Kelurahan Sawah Ciputat Tangerang Selatan
Juliani /Suryani Wijaya Jl. Emas 36 C Kel. Sei Rengas Permata Kec. Medan Area Sumatra Utara
Nurbiansyah Jl Aspol Pelabuhan no 47 RT 01/04 Desa Pemangkat kota Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas
Dr. Neni SPM RSCM Kirana Jl. Kimia No 8 Jakarta Pusat  
Ponco Magdalena Nagoya Newtown Blok E No 06-07 Batam
Ayu Chitra Farhadini Jl. Deltasari F2 No 27 RT 08/013 Taman Radio Dalam Jakarta Selatan
Risfa Beltasia (Neta) Jl. Matraman Dalam 2 RT10/08 No 15 Pegangsaan Menteng Jakarta Pusat
Rere Jl Jawa no 158 B Kepulauan Riau Kepri
Maya Jl. Daud No 7 G Kebon Jeruk Sukabumi utara Jakarta
Puji Rohyati Jl Abusamah Perum B I No 3891 RT 15 /03 Kel Sukajaya Kec. Sukarami Kota Palembang sumatra Selatan
Handoyo Plaza PP Jl. TB. Simatumpang No 57 Pasar Rebo Jakarta Timur
Ririn Erfiyana Kerujon Kec. Semendawai Suku III kab Oku Timur Sumatra selatan
Vici Ramadi Putra Jl. Setiabudi Gg. Haji Ridho I No 50 H Kamar No 4 Atas Bandung
Bpk. Markus Awa Craft International Batik Center & Craft Jl. A. Yani No 573 Wiradesa Pekalongan
Anindita Asri Nariswari SMA Sandes Sapientiae Jl. MT Haryono 908 Semarang
Ceciliae Jl. Kartini III No 1 Jakarta Pusat
Agma Yuniarlan Jl. Nusa Indah Komplek Feni jaya D1 No 6 Jakarta Selatan
Ibu Dewi KP CV. pandu Galang Perkasa Jl. A. Yani RT 58 No 3A Kel. GN Sari Ilir Balikpapan kalimantan Timur
Anna Muljani Telkom RDC Menara RDC LT 2 Jl. Geger kalong Hilir 47 Bandung
Ainy BPR Supra Jl. Siliwangi no 78 Cicurug Sukabumi
Ita Devi Jl. Jendral Sudirman KM 5 Irg Kalimantan RT 23 /06 kec. Muara Bulian Kab, Batang hari Jambi
Mariana Rizqy Jl. Pahlawan 284 Tambran Magetan
Rinie Puspitasari PT. Komatsu Reman Indonesi Jl. Jawa Blok A-05 KBN Cakung Cilincing Jakarta Utara
Dyas Kusuma (Mama Ditta) Jl. Yado 1 No 18 RT02/02 Gandaria Utara Kebayoran Baru Jakarta Selatan
KB/TK Labschol STAI Bani Saleh Perumahan Villa Taman Kartini Blok E No 5 Bekasi Timur
Suhardi Perumahan Alam Raya Blok A No 77 RT 04/11 Kel. Beledung Benda tangerang
Hadi Styabudi Jl. Kesehatan No 45 RT06/011 Kel Gedong pasar Rebo Jakarta Timur
Edy Jl Duta Harapan V No 51 Perumahan Duta Harapan Bekasi
Rina Fitri Jl. Persahabatan II No 43 RT 10/8 Kelapa Dua Wetan Ciracas Jakarta Timur
Laundry Super Wash Jl. Raya Tajem No. 20, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta,
Putu Widi Taman Himalaya Gg. Atlantik No 66 Perumahan Lipo karawaci Tangerang
Ibu Lia Gardenia Estate Blok B1 No 2 Cipayung Ciputat Tangerang selatan
Nurrohman Agus KRP Pratama Jakarta Cakung Dua Jl. Raya Bekasi KM 25 Ruko Inkopah Blok J Ujung Menteng Cakung Jakarta Timur
Ria Anggraienie Jl. Kalimantan No 3 RT 03/XIX Kel. Pahandut Palangkaraya Kalimantan tengah
Riandi Jl. Tengger barat 5 No 27 RT 03/07 Semarang
Diana Hari Otto Istana kawaluyaan Indah Jl. K.I. 1/22 Bypass Bandung  
Kusnaryani Indah Jl. H. Mugni 3 No 7 RT03/06 Pisangan lamaa III Jakarta Timur
Tina Ruko palm Paradise (Taman Surya S) Blok GG4 No 27 Jakarta Barat
Sri Fuji Astri PT Globalindo Agro Lestari Jl. Cikeusik Cibaliung kec. Cibaliung Kab. Pandeglang Banten Cibaliung kec. Cibaliung Kab. Pandeglang Banten

Ronald Bukit Indah Regency Blok B 3 no 3 Semarang
Tia Wahyu Perumahan Yasmin Sektor VII Jl. Bambu Apus Raya no 8 Bogor
Yanto M Hasibuan No 35 RT 4/24 kelurahan Margahayu kec. Bekasi Bekasi Timur Kota Bekasi
Kompol Efrannedy SIK AS Polres Kemaraja Jl. DR Muh. Hata No 2 ( depan BNI) Kel. Sodohoa Kec. Kendari Barat Kota Kendari Sulawesi Tenggara
Margaretha Putu Yulianti Jl. Uluwatu Perum Taman Penta Blok E 47 Jimbaran Bali
Intaning Dewi Jl. By Pass Nurah Rai No 100 sanur Bali (Osel Salon)
Djoko Suharjono Jl. Rawa Mangun Muka Selatan I No 1A Rawamangun Jakarta Timur
Nia Kurnia Komplek Riung Bandung Jl. Saluyu A9 No 26 Bandung
Silviana KMDG 2012 Jl. Grafk No 2 Kampus FT UGM Yogyakarta
Anindya HS Komp. BBD A1 No 17 Ciganjur Jakarta Selatan
Atet Sugiharto Green Sentul Residence A5/5 Sukaraja Bogor
Suci Erlina Jl. Perikanan No 30 RT 01/03 Bati Hitam Tanjung pinang
Ayu Indra nirmala RS. MH Thamrin No 3 Kebon nanas Cikokol Tangerang
Prita / Jimmy Regensi Melati MAS Blok C2 No 18 Serpong Tangerang
Kartika Jl. Kaliurang KMA 13 Perum Griya Perwita wisata Blok CS13 Sleman Yogyakarta
Lisa Jl. Arya Putra Perumahan Kedaung Hijau Bloko 12-13 Ciputat Tangerang Selatan
Nailurrida Jl. Imam Bonjol Gg. Basir No 24 B Pontianak Kalimantan Barat
Melsy Jl. Simpang Lubuk Begalung No 12 RT 3/3 Padang sumatra Barat
Yuliana PT Royalty Mineral Bumi Mulia Business Park Jl. MT Haryono Kav 58-60 Suite 102AE Gedung E Pancoran Jakarta Selatan  
Dewi Tefbana Jl. Perintis kemerdekaan Kel. Oebutu Kec. Obufu Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (kios Tiga Dara Depan Depot Bambu Kuning)
Safia Jl. Haji Nawi 106B Jakarta Selatan  
Arifin Perum Citra Raya Taman Chrysant Blok Q 2/6 Kec. Panongan Tangerang banten
Pipit Jl. Guntursari 3 No RT 3 / 4 Kel Turangga Kec. Lengkong Buah batu Bandung
Tri Yuliana Jl. Raja PLP Curug Kulon Tangerang 15810
Tata Vermont Parkland J2 No 2 Tangerang Selatan
Arie Jl. Bouganville Dalam No 46 Komp. Kejaksaan Medan Tuntungan
Sukandar PT Asia Dwi Mitra Industri Jl. Raya Legok Km 6,2 Cijantra Pagedangan Tangerang
Nurani Karmilah RSUD R Syamsudin SH Jl. Rumah sakit No 1 Sukabumi
Enny Chandra Hidayat Jl. Tasbih no 16X Singaraja Bali
Kiki Chusnul Huluqi Jl. Ciliwung No 37 Komplek Stadion Bima Cirebon
Naniera Sumardiningrat Putri Jl. Siaga Raya No 2b RT 18/01 Pejaten Barat Pasar Minggu jakarta Selatan
Riki Tri Santoso Jl. Ahmad A Wahab Kec. Limboto Kab. Gorontalo
Bulkis Kanata Jl. Swakarsa 3 Puri Citra Panji tilar E6 Mataram Nusa Tenggara Barat
Angel Pakayu Apartemen Gardenia Boulevard Jl. Warung Jati No 12 A Jati Padang Pasar Minggu Pejaten Jakarta Selatan
Sifa Jl. Bango 3 no 14 B Pondok labu Cilandak Jakarta Selatan
Arifin Perum Citra Raya Taman Chrysant Blok Q 2/6 Kec. Panongan Tangerang Banten
Pipit Jl. Guntursari 3 No 26 RT 03 /04 Kel. Turangga kec. Lengkong Buah Batu Bandung
Tri Yulia / Enong Syahrullah Jl. Raya PLP Curug Kulon Tangerang
Tata Vermont Parkland J2 No 2 Tangerang Selatan
Arie Jl. Bougnville Dalam No 46 Komp. Kejaksaan Medan Tuntungan
Sukandar PT Asia Dwi Mitra Industri Jl. Raya Legok KM 6,2 Cijantra Pagedangan Tangerang
Nurani karmilah RSUD R. Syamsudin SH Jl. Rumah Sakit No 1 Sukabumi
Enny Chandra Hidayat Jl. Tasbih No 16 x Singaraja Bali
Kiki Chusnul Chuluqi Jl. Ciliwung No 37 Komplek Stadion Bima Cirebon
Naiera Sumardiningrat Jl. Siagaraya no 2B RT 18/1 Pejaten Barat Pasar minggu Jakarta Selatan
Riki Trisantoso Jl. Jendral Sudirman no 38 kec. Limboto Kab. Gorontalo
Bulkis Kanata Jl. Swakarsa 3 Puri Citra Panjitilar E6 Mataram Nusa Tenggara Barat
Angel Pakayu Apartement Gardenia Bouleverd Jl. Warung jati No 12 A Jati Padang Pasar Minggi pejaten Jakarta Selatan
Sifa Jl. Bango 3 No 14 B Pondok Labu Cilandak Jakarta Selatan
Andika Putri Komplek Pasir Jati Blok D No 299 RT 05/11 Desa Jatiindah Kec, Cilengkrang Kab. Bandung
Rizki Nur Oktaviani Tiban I Blok C no 61 Kel.. patam lestari Kec. Sekupang kota Batam
Eris / Ventos Jl. R Tamilono Km 6.5 BTN Marina Permai II No 149 Palangkaraya Kalimantan Tengah
Agus Saryanto Jl. Kaliurang KM 17 Pakem tegal, Pakem Sleman Yogyakarta
Siti Muallifah Jl. Raya PPI Bulu, Gg tenggiri RT 15/5 Desa Banjarejo Kec. Banker, kab Tuban Jawa Timur
Linda Mayasari Jl. P Suryanata Gg 7 No 126 RT 26 Air Putih Samarinda Ulu , Kalimantan Timur
 

You might also likeclose
Hotline : 0274-8557538 SMS/WhatsApp: 081542239023 BB Messenger : 262A70A2 Adm@kedaisouvenir.com